Bohlam Tertua di Dunia, Masih Menyala di Usia 109 Tahun

bohlam1

Bohlam tertua di Dunia telah menyala hingga 109 tahun. Tidak heran muncul fans club yang beranggotakan ribuan orang dan bahkan Bohlam tersebut mempunyai website sendiri

Nama bohlam tersebut adalah The Centennial Light. Bohlam tersebut terpasang di Kantor Pemadam Kebakaran Fire Station 6, di Livermore, California Utara.

bohlam2

Bohlam berkekuatan 4 watt tersebut didesain oleh Adolphe Chailet dan dinyalakan sejak tahun 1901 berarti usianya sekarang sekitar 109 tahun. Rahasia keawetan bohlam tersebut adalah pembuatannya dengan cara tradisional yang unik. Bohlam ini bahkan pernah ditawar seharga $ 5.000,- tetapi tidak diberikan dengan alasan historisnya.

Bahkan untuk memantau nyala lampu bohlam tersebut, sebuah CCTV terpasang selama 24 Jam

cctv

Karena keunikannya Bohlam tersebut mendapat penghargaan dari sebuah Asosiasi di Amerika.

sertifikat

Pada setiap tahunnya diadakan perayaan rutin dengan mengadakan pesta BBQ dan live music di Kantor Pemadam Kebakaran untuk memperingati Bohlam tersebut.

bbq

Lokasi tempat Bohlam tersebut berada:

lokasi

Menurut website resminya saat ini sedang dilakukan penelitian oleh Professor Deborah Katz di Annapolis Physics Dept untuk menyelidiki alasan keawetan lampu tersebut. Kenapa ya gan produk2 dulu rata2 lebih awet ya di bandingkan produk lain sejenis saat ini..

sumber: http://kaskusnews.com/2010/01/23/bohlam-tertua-di-dunia-masih-menyala-di-usia-109-tahun/

Copyright 2011 FAKTA On The Spot