10 Perawatan Spa Paling Aneh

1. Masker dari kotoran burung
Di Ten Thousand Waves Spa, Santa Fe, AS, tersedia paket perawatan masker wajah yang menggunakan bahan dari kotoran burung bul-bul. Kadar nitrogen yang tinggi dalam kotoran burung itu dipercaya bisa menghilangkan bakteri di kulit dan mengangkat sel kulit mati dengan lembut bila dibandingkan dengan peeling. Konon masker ini sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh para geisha di Jepang. Kenakan selama 55 menit, bila digunakan secara teratur, masker ini akan membuat kulit lebih cerah dan lembut.

2. Pedikur ikan

Kuku yang bersih dan terawat pasti jadi bagian dari perawatan kecantikan para wanita. Kini ada pedikur yang unik, yakni sel-sel kulit mati di kaki dibersihkan oleh bantuan ikan-ikan kecil yang disebut dengan doctor fish. Dalam perawatan ini, kaki kita akan dicelupkan ke dalam baskom yang berisi doctor fish. Ikan-ikan yang tak bergigi itu sebenarnya sudah lama dipakai untuk mengobati penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksema, jadi tidak berbahaya.

3. Viagra untuk rambut

Ada sebuah salon di London, Hari's Salon, yang mengombinasikan sperma sapi jantan dan katera, akar tanaman dari Iran yang kaya protein, yang digunakan untuk merawat rambut rusak. Perawatan yang bernama Aberdeen Organic Bull Sperm ini diklaim efektif untuk menyuburkan rambut, melindungi, dan merawat rambut rusak.

4. Berendam dalam bir

Setelah hari yang sibuk, kembalikan kesegaran tubuh dengan berendam dalam bir hitam. Itulah terapi relaksasi yang ditawarkan oleh sebuah hotel di Republik Czech. Konon vitamin dalam bir bisa mengembalikan kemudaan kulit dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, terapi bir ini diklaim bisa mencerahkan kulit dan bagus untuk rambut. Dengan berendam selama 20 menit ditambah 20 menit rileksasi, Anda perlu merogoh kocek sekitar 500.000 rupiah.

5. Mandi mi ramen

Pernahkah Anda membayangkan berada di lautan mi? Kini impian itu bisa diwujudkan di spa Hakone Kowakien Yunessun, Jepang. Spa ini memiliki perawatan berendam dalam mi ramen, kolagen, dan ekstrak bawang putih. Konon, terapi ini bisa meningkatkan metabolisme kulit. Hm.., seperti apa ya aroma tubuh kita setelah keluar dari "mangkuk" mi itu?

6. Perawatan minyak zaitun
Khasiat minyak zaitun dalam dunia kecantikan memang sudah terkenal sejak dulu. Di Murad Spa, California, AS, Anda bisa merasakan kehangatan eucalyptus dan tea tree yang direndam dalam minyak zaitun. Larutan tersebut kemudian dicipratkan ke seluruh tubuh hingga merata. Dengan cara ini kulit yang kering dan rambut pun akan menyerap minyak zaitun dengan maksimal.

7. Pijat bola golf

Anda yang suka mencoba berbagai teknik pijat kini bisa mendapatkan terapi pijat menggunakan bola golf. Pijatan yang terdapat di The Spa Four Season Resort ini mengombinasikan peregangan dan teknik therapeutic (terapi energi untuk penyembuhan dan mengurangi sakit) sebelum masuk ke terapi inti, yaitu memijat dengan bola golf hangat. Bagian tubuh yang dipijat adalah otot besar di bagian tulang belakang dan belakang leher. Hasilnya, bagian-bagian tubuh tersebut jadi lebih rileks dan lentur.

8. Facial emas

Selain untuk dijadikan aksesori dan perhiasan, emas pun punya nilai lebih dalam kecantikan, yakni sebagai antiperadangan. Facial dengan bubuk emas 24 karat ini dipercaya bisa meningkatkan kekencangan kulit, melawan radikal bebas, mencerahkan kulit, dan memberi efek keemasan pada kulit.

9. Jebakan rumput

Sejak tahun 1903, Hotel Heubad di wilayah utara Italia punya perawatan tubuh yang disebut Hay Bath. Tamu spa yang ingin mencoba akan diminta berbaring di lantai beralas kain, kemudian seluruh tubuhnya ditimbun oleh jerami atau rumput yang sudah dihangatkan, hingga ke leher. Setelah itu, kain tadi akan membungkus tubuh dan dibaringkan di atas kasur air yang dipanaskan sekitar 107 derajat. Bila mandi rumput ini dilakukan lima kali dalam seminggu, nyeri otot dan sendi disebut-sebut akan hilang. Namun, terapi ini tidak disarankan untuk mereka yang punya riwayat alergi.

10. Scrub dengan kaktus

Kalau kebanyakan orang takut tertusuk duri kaktus, terapis spa di Apuane Spa dari Four Seasons Resort Punta Mita, Meksiko, justru memakai kaktus sebagai inti perawatan mereka. Pijat kaktus Hakali ini ternyata tidak seseram namanya. Terapi dimulai dengan pijatan lembut menggunakan lotion yang terbuat dari daun sage tequila. Kemudian daun kaktus yang lebar ditempelkan ke kulit, tentu saja setelah dihilangkan duri-durinya. Tanaman ini telah dikenal bisa menghilangkan racun dan melembabkan kulit.

source: kompas.com
Copyright 2011 FAKTA On The Spot