Tips Sukses Pesta Pernikahan


Tips Sukses Pesta Pernikahan, Ingin pesta pernikahan Anda berjalan lancar dan sukses? Simak beberapa tips berikut.


1. JANGAN TUNDA
Bila Anda mencantumkan jam tertentu pada undangan yang diedarkan, usahakan untuk memulai acara tepat waktu atau setidaknya tidak memulai acara dengan sangat terlambat, misalnya hingga setengah jam lebih.
Hormati para undangan yang telah menyediakan waktu untuk menghadiri undangan Anda. Hormati mereka yang menyisihkan waktu berangkat lebih awal dari rumah untuk menghindari kemacetan lalu lintas demi datang tepat waktu pada acara pernikahan Anda.

2. SESUAIKAN JUMLAHNYA
Pada saat memilih gedung, cari ruangan yang dapat menampung jumlah tamu sesuai dengan yang akan Anda undang. Jumlah undangan yang terlalu sedikit akan memberi kesan seakan-akan banyak undangan yang tidak hadir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuat rasa tidak nyaman karena memberi ruang yang terbatas pada para undangan.

3. PENGISI ACARA
Pilihlah pengisi acara yang tidak bertele-tele dan yang dapat memberi suasana gembira sehingga tidak membosankan bagi para undangan.

4. MENU PRAKTIS
Pilihlah menu makanan yang praktis. Menu makanan yang praktis tetapi berpenampilan menarik dengan rasa yang enak jauh lebih baik daripada menu makanan yang mewah tetapi sulit untuk dimakan sehingga membuat rasa tidak nyaman bagi para tamu.

5. SIAPA YANG MEMBAYAR
Buat daftar apa saja yang akan dibeli atau disewa. Bicarakan dari awal dengan pasangan mengenai biaya yang akan dikeluarkan dan pembagian pembayarannya. Misalnya, apakah total seluruh biaya akan dibagi dua atau ada pembicaraan-pembicaraan lain. Membicarakan segala sesuatunya dari awal jauh lebih baik daripada terjadi kesalah pahaman di kemudian hari.

6. INFORMASI HARGA
Bila ingin menghemat, cari tahu apakah ada perbedaan harga pada hari-hari atau waktu-waktu tertentu untuk gedung yang akan Anda sewa. Biasanya, ada tempat-tempat tertentu yang memberikan harga lebih mahal pada hari Sabtu dan Minggu dibandingkan dengan hari biasa.

7. RENCANAKAN ANGGARAN
Sebelum mulai merencanakan pesta pernikahan, pastikan Anda tahu biaya yang akan dikeluarkan. Sangat tidak lucu bila Anda merencanakan suatu acara lalu membatalkannya karena alasan biaya. Dengan mulai menyusun rencana dengan persiapan rencana pengeluaran, Anda akan dapat menghemat banyak.

8. PERSIAPKAN HATI-HATI
Tidak ada harga khusus untuk menjamin suksesnya suatu acara pernikahan. Anda dapat menghabiskan ratusan juta rupiah dan tetap mengalami kegagalan bila Anda tidak merencanakannya dengan hati-hati.

9. JANGAN DIDIKTE
Ingat, ini adalah pesta pernikahan Anda. Biasanya banyak pihak yang ingin ikut campur dan merasa mereka lebih tahu daripada Anda. Ambil masukan mereka dengan tangan terbuka tetapi jangan biarkan mereka mengatur Anda.

10. TUNDA BULAN MADU
Bukanlah ide yang bagus untuk langsung pergi berbulan madu sesudah pesta pernikahan. Sesudah pesta yang melelahkan, perjalanan yang panjang bukanlah saat yang tepat bagi Anda berdua pergi berbulan madu. Sebaiknya tunggu sampai beberapa hari sesudah pesta pernikahan selesai dan rasa lelah sudah hilang.
11. RENCANA MATANG
Memang betul, tidak ada yang dapat menjamin pesta akan sukses. Namun, tanpa rencana yang matang dapat menyebabkan kekecewaan. Semakin dini persiapan yang Anda rencanakan, semakin banyak pilihan yang dapat Anda ambil.

Tulis semua rencana Anda dan buat daftar yang jelas apa yang perlu anda lakukan. Pastikan Anda memiliki rencana kemungkinan dan siap dengan kemungkinan rintangan yang akan Anda hadapi. Susun rencana bagaimana Anda akan mengatasi segala kejutan yang mungkin terjadi.

12. PESAN HOTEL
Bila ada sejumlah sanak keluarga dan teman dari luar kota yang akan menghadiri pesta pernikahan Anda, pesan hotel jauh hari sebelumnya dan pilihlah yang dekat dengan gedung dimana pesta Anda diadakan.

13. BUAT KONTRAK TERTULIS
Siapkan kontrak tertulis dengan pihak terkait, misalnya dengan pengisi acara, perias pengantin, floris, katering, gedung, dan lain-lain. Pastikan Anda memiliki semuanya serba tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak. Pastikan Anda sadar akan kemungkinan biaya tak terduga seperti makanan tambahan dan tips.

14. JAM MACET
Teliti apakah akan ada acara-acara penting di dekat gedung dimana Anda melangsungkan pernikahan, yang bisa menyebabkan kemacetan dan mempersulit para undangan untuk tiba tepat waktu.

15. JADWAL FOTO YANG EFISIEN
Jika melakukan negosiasi dengan fotografer perkawinan, katakan kepadanya bahwa Anda menginginkan jadwal yang ketat dan efisien saat pengambilan foto. Buat jadwal tertulis kapan dan dimana sesi foto akan dilakukan sebelum dan sesudah upacara pernikahan. Selain itu, jelaskan kepada fotografer Anda siapa saja yang akan difoto dan jangan sampai membuat tamu lain menunggu lama. Jadwal foto juga harus di informasikan kepada pembawa acara.

16. IDE DARI SI DIA
Yang terpenting, jangan lupa melibatkan ide calon pengantin pria dalam mempersiapkan rencana pesta pernikahan!

sumber: http://pakarbisnisonline.blogspot.com/2010/02/tips-sukses-pesta-pernikahan.html

Copyright 2011 FAKTA On The Spot