Gambar Lucu Meningkatkan Konsentrasi Kerja


Fakta On The Spot - Setelah melihat foto anak kucing dan anak anjing, kinerja para peserta penelitian mengalami peningkatan sebesar 44 persen.

Foto anak anjing dan kucing dengan gayanya yang lucu dan menggemaskan sangat disukai banyak orang.






Nah, gambar-gambar yang bisa membuat orang tersenyum atau tertawa itu ternyata mampu meningkatkan konsentrasi manusia.

Itulah hasil temuan yang didapat para peneliti dari Jepang, setelah melakukan penelitian berjudul Power of Kawaii, baru-baru ini. Kawaii itu sendiri dalam bahasa Jepang artinya lucu.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam edisi online jurnal Plos One, Kamis (27/9).

Melalui tiga percobaan terpisah, tim ilmuwan dari Hiroshima University menyimpulkan, bahwa setelah melihat foto-foto anak anjing atau kucing, peserta (responden) mengalami peningkatan konsentrasi yang lebih baik. setelah melihat foto-foto anak-anak anjing atau kucing.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan sekitar 132 mahasiswa. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda.

Kelompok pertama adalah versi permainan dimana peserta harus hati-hati mengambil benda-benda kecil dari lubang tanpa menyentuh sisinya, dan tugas lainnya adalah murni tentang angka.

Sedangkan kelompok kedua diminta untuk menemukan angka yang diberikan dengan urutan angka secara acak dalam batas waktu tertentu.

Nah, kedua kelompok ini diminta melakukan tugas-tugas tersebut sebanyak dua kali - sebelum dan setelah melihat tujuh foto anak anjing dan anak kucing atau versi dewasanya.

Hasil menunjukkan, bahwa peserta yang ditunjukkan foto anak anjing dan anak kucing melakukan tugasnya lebih baik setelah istirahat daripada mereka yang melihat foto kucing dan anjing dewasa.

Skor kinerja mereka meningkat sebesar 44 persen. Tak hanya itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas itu pun mengalami peningkatan sebesar 12 persen.

"Temuan ini menunjukkan, bahwa melihat gambar lucu membuat peserta lebih konsentrasi dengan waktu yang lebih panjang," kata para peneliti.

Copyright 2011 FAKTA On The Spot